Scientist Muda Bangsa, Keep Smile! :)

Posted by Unknown Sabtu, 31 Agustus 2013 2 komentar
Bagikan Artikel Ini :
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Scientist Muda Bangsa, Keep Smile!



          Tahun ajaran baru, berartiiiiiii Mahasiswa Baru datang. Mahasiswa Baru (Maba) merupakan objek empuk para senior dengan berbagai macam misi mereka. Salah satunya adalah gue. Gue masuk Panter (Panitia Terpadu, Kepanitiaan yang mengurus PMB FSM) dengan membawa misi. Pertama, misi pencerdasan publik dengan sharing ilmu dan pengalaman. Kedua, memperluas relasi dengan kawan-kawan maba ( selanjutnya ya tunggu saja ceritanya :D ).

           Panter mulai rapat sejak bulan Juli, disaat maba belum datang ke Undip. Mulai bekerja Panter adalah hari kedua PMB yaitu tanggal 27 Agustus 2013. Hari itu diawali dengan Upacara Penerimaan Fakultas yang dipimpin oleh Pak Dekan. Saat itu, posisi gue duduk di kursi mahasiswa berprestasi dan organisasi (Yang pasti gue bukan di bagian mahasiswa berprestasi). Dengan selesainya upacara penerimaan, maka dimulailah prosesi PMB maba di FSM. Gue mendapatkan jatah pegang kelas E dengan partner Sunas, Azwar, Widi, Desy, Titi.

Hari pertama dan kedua, 27-28 Agustus 2013 adalah jadwal PMB Fakultas dan Jurusan/ Prodi. Untuk PMB Fakultas diisi oleh dosen-dosen FSM yang terdiri dari berbagai jurusan dengan materi-materi berikut ini: Penjelasan Perak, Penjelasan SIA, Akses perpustakaan, Metode belajar di Perguruan Tinggi, Polbangmawa (Pola Pengembangan Mahasiswa), Pengenalan Budaya & Etika Kampus, Pengenalan Organisasi & UPK Fakultas. Untuk hari kedua, PMB Fakultas hanya sampai jam 10 karena selanjutnya adalah PMB Jurusan/ Prodi dengan kegiatan pengenalan masing2 Jurusan/ Prodi sampai jam 16.00 wib.

Dari keseluruhan materi yang disampaikan dosen, maba berkomentar bahwa materinya bosenin, bikin ngantuk, kurang menarik. Oke, gue paham mungkin karena beda masa beda pemikiran dan beda cara gaul. Namun, Panter sudah menyiasati dengan memberi ice breaking di setiap pergantian materi untuk mencairkan suasana dan menghilangkan rasa kantuk serta lelah. Cara ini terbukti ampuh untuk mengembalikan semangat mereka.

Hari ketiga dan keempat, 29-30 Agustus 2013 diklaim oleh maba sebagai hari yang menyenangkan karena 2 hari tersebut jadwalnya untuk kegiatan Pendidikan Karakter. Ini adalah tahun kedua diadakannya kegiatan tersebut di lingkungan Undip. Kegiatan ini bersifat lebih dinamis karena setiap materi disertai dengan video atau permainan. Materi pada Pendidikan Karakter adalah: Pemahaman diri sebagai makhluk Tuhan, Pemahaman diri sebagai ilmuwan, Membangun mind set, Kepemimpinan Berkarakter, Pola pikir prestatif, Emotional and Adversity, Kediponegoroan, dan Waspada Narkoba. Kalo boleh jujur, sebenernya materinya juga bikin ngantuk tapi dengan adanya video dan permainan maka tingkat kekantukannya bisa diminimalisir.

Khusus untuk materi waspada narkoba, panter mendapat mandat untuk menyampaikan materi tersebut. Karena di kelas E tidak ada panter yang berminat, akhirnya gue juga yang turun tangan menyampaikannya. Diawali dari power point yang sudah ada dari fakultas tentang narkoba, gue melanjutkannya dengan materi bahaya rokok yang tentunya masih berkaitan. Alhamdulillah antusiasme audiens kelas E cukup memuaskan saat gue menyampaikan materi tersebut. Pada akhirnya, gue membuat kesepakatan dengan maba kelas E bahwa gue akan mengisi materi tambahan di akhir yang berjudul “Mahasiswa”.

Sesuai dengan misi gue yang pertama, gue sudah menyiapkan materi ini sebelum hari jumat. Tahun lalu saat gue jadi panter juga ngisi materi di akhir acara, cuma bedanya kalo tahun ini lebih substansial menyangkut hakikat mahasiswa itu sendiri. Materi yang gue buat hanya terdiri dari 8 slide tapi menghabiskan waktu 45 menit karena lebih banyak video daripada jumlah slidenya. Alhamdulillah banyak kawan-kawan maba yang antusias dengan materi terakhir dari gue dan mendapat tanggapan positif dari mereka. Banyak dari mereka yang mengaku mendapat pencerahan, mulai bisa berubah pola pikirnya, dan masih banyak lagi. Dengan begitu gue nyatakan misi pertama berhasil!

Selesai acara terkahir di hari jumat, semua maba diminta untuk menuliskan kesan dan pesan acara seminggu dan kakak-kakak panternya. Setelah itu maba dan panter setiap kelas berfoto bersama di podium depan Dekanat FSM. Dengan begitu, gue nyatakan misi kedua berhasil. Dari sekian banyak surat kesan dan pesan yang masuk, ada 22 surat yang memberi kesan dan pesan pribadi terhadap gue *terharu. Beberapa diantaranya adalah:


  1. ‘….khusus mas DPA “Semoga bisa suatu saat ketemu dan dah sukses berkarir jadi dosen/ sejenisnya. Cara bicara yang asyik!” ‘
  2. ‘….Ohiya! Materi ending dari mas depe keren abis! Jadi motivator aja mas, keren mwehehe.’
  3. ‘Kak DPA = kok wawasannya luas bingit kak? Aku ngefans tauk hahaha, secret admirer gt kak. Asik dah kalo materi diisi sama panter. Ngga boring dan gak bikin galau. Terima kasih’
  4. ‘Seru abis, memotivasi banget terutama kalo kak Dwi yang ngasih materi, keren banget salut sama pengetahuannya…..’
  5. ‘…..Kak DPA = kreatif, pintar, seru, charismatic. Nggak bakalan nyesel deh dipimpin sama kak DP’
  6. ‘….Khusus buat kak DPA, semoga saya bisa seperti anda berbicara yang bijak dengan dasar….’
  7. ‘… u/ ka DP, asli kagum banget sama pribadi kaka. Terima kasih sudah menjadi orang yang menginspirasi saya pertama kali masuk kelas E’
  8. ‘….materi yang bagus dari kak DP(Dwi Prabowo) bikin saya semangat masuk dunia kuliah dan mewujudkan cita saya….’
  9. ‘….kalau lagi dikasih materi dg kak dwi lebih semangat dengerinnya daripada dg Pembina yg memberi materi….’
  10. ‘….kak dwi itu asyik bgt, selalu bisa mencairkan suasana dengan games yg seru….’
  11. ‘….Buat mas DPA, keren motivasi + pelajaran yg udah diberikan buat kami. Cukup membuka hati kecil saya’
  12. ‘….buat kak Dwi P mirip banget deh ama kakak saya’


Dengan berakhirnya acara di hari jumat, maka berakhirlah acara indoor PMB FSM dan Pendidikan Karakter. Keesokannya, 31 agustus 2013 adalah kegiatan outdoor berupa Lomba-lomba dengan tema “Follow Your Passion”. Lombanya adalah Debat, Ranking 1, Voli Putri, Basket Putra. Dari serangkaian kegiatan indoor bersama kawan-kawan maba kelas E ada banyak kenangan dan cerita unik yang membedakan kelas E dengan kelas lain ataupun PMB tahun ini dengan kemarin. Diantaranya adalah:

1. Kelas E punya jargon yang beda sendiri, yaitu “Scientist muda bangsa? Keep Smile!”
2. Sejak hari kedua, kelas E selalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Undip, Totalitas Perjuangan setiap memulai kegiatan
3. Sudah puluhan video yang disaksikan kawan-kawan kelas E selama kegiatan 4 hari
4. Kawan-kawan kelas E rame, seru, tengil, asik, walau kadang-kadang ngeselin
5. Di tahun kedua, terjadi lagi seorang maba yang bisa menarik perhatian gue saat dia duduk di depan *ahsudahlah
6. Kelas E dan C( karena diminta) yang mendapatkan materi tambahan “Mahasiswa”
7. Maba tahun ini dapat praktek langsung ilmu Kedisplinan, Kepemimpinan, Kesadaran, Kritis, dan Kepekaan
8. Tahun ini tercipta #inovasi2013 dengan terpilihnya Ketua Angkatan 2013 di lingkungan FSM












TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Scientist Muda Bangsa, Keep Smile! :)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dpapriansyah.blogspot.com/2013/08/scientist-muda-bangsa-keep-smile.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

flash card gratis mengatakan...

mantap...

Latihan Tryout mengatakan...

keep smile on your face

Posting Komentar