Mahasiswa, Kini!

Posted by Unknown Sabtu, 24 Agustus 2013 4 komentar
Bagikan Artikel Ini :
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Mahasiswa.
        Apa tanggapan kalian saat membaca satu kata tersebut? Intelek, anarkis, pejuang, demo, pelajar, perusak, calon pemimpin, dan sebagainya. Berbagai tanggapan tentang mahasiswa muncul, baik itu pandangan positif atau negatif. Semuanya sah-sah saja karena negeri ini menjunjung tinggi Hak Berpendapat. Nah, yang menjadi topik artikel kali ini adalah bagaimana peran dan posisi mahasiswa saat ini, di era reformasi yang “katanya” menjunjung tinggi kebebasan bagi rakyatnya. Tapi kok yang gue liat malah jadi kebebasan yang kebablasan ya. Bebas mau berbuat apa saja tapi lupa dengan batasan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Oke, kemabli ke topik tentang mahasiswa.
        Definisi dari kata mahasiswa adalah orang atau sekumpulan orang yang sedang menempuh jenjang pendidikan di sebuah instansi pendidikan perguruan tinggi baik itu Universitas, Institut, akademik, dan sejenisnya, yang tercatat di biro administrasi umum, memiliki Nomor Pokok Mahasiswa, dan aktif mengikuti perkuliahan yang digelar di lembaga pendidikan (kampus) yang dia tempati. Dunia kampus terkenal sebagai persiapan menuju dunia luar atau dengan kata lain kehidupan bermasyarakat yang nyata. Maka dari itu, mahasiswa dikenal sebagai seorang individu yang tidak hanya belajar formal di bangku kuliah melainkan juga aktif berkegiatan ekstra kampus. Hal inilah yang akhirnya menyebut mahasiswa sebagai “Aktivis”.
        Pergerakan mahasiswa yang terkenal yaitu pada saat era Orde Baru di tahun 1998. Sesuai dengan pernyataan Bung Karno, “Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Ya, walaupun pada kenyataannya saat itu mahasiswa yang turun ke jalan lebih dari 10, tapi setidaknya membuka mata masyarakat bahwa pergerakan mahasiswa dapat menggulingkan Kerajaan Orde Baru yang sudah lama berkuasa. Itu cerita 15 tahun lalu. Lalu, bagaimana cerita tentang mahasiswa saat ini?
        “Hidup Mahasiswa”, slogan yang dulu gencar diteriakkan oleh sekumpulan pemuda yang sedang turun ke jalan berjas alamamater kebanggaannya seakan sudah mati saat ini. Slogan tetaplah slogan karena mahasiswa saat ini tidak lagi menjadi momok bagi pemerintah. Tidak seperti dulu, mahasiswa seakan menjadi hantu yang bergentayangan bagi para birokrat-birokrat “kotor” di negeri ini. Mahasiswa saat ini seakan hanya memperjuangkan kepentingan individu atau kelompok tertentu. Padahal, sudah jelas dalam lirik lagu “Totalitas Perjuangan” disebutkan “Wahai kalian yang rindu kemenangan, wahai kalian yang turun ke jalan demi mempersembahkan jiwa dan raga untuk negeri tercinta”. Jangan sampai lirik tersebut hanya terucap tanpa realisasi yang mantap.
        Orang bilang, “Mahasiswa sebagai Iron Stock, yaitu manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang dapat menggantikan generasi sebelumnya”. Orang bilang, “Mahasiswa sebagai Guardian of Value, yaitu mahasiswa sebagai penjaga nilai-nilai di masyarakat”. Orang bilang, “Mahasiswa sebagai Agent of Change yaitu sebagai manusia yang dapat membawa perubahan bangsa dan negara ke arah yang lebih baik”. Orang bilang ini, orang bilang itu. Apakah itu hanya kata orang saja tanpa adanya fakta dari mahasiswa itu sendiri? Kita semua memiliki jawaban yang berbeda.
        Sejatinya, mahasiswa sudah memiliki pemikiran yang luas dan tinggi. Mahasiswa itu harusnya memiliki sifat-sifat:
  •  Aktivis, Mahasiswa itu harusnya bergerak bukan digerakkan, belajar bukannya diajar
  •  Realistis, Mahasiswa itu harus melihat kondisi nyata yang terjadi, bukan malah menutup mata
  • Sosialis, Mahasiswa harus peka terhadap keadaan yang terjadi di sekitarnya, bukan cuek membiarkannya
  •  Idealis, Mahasiswa itu harus memiliki prinsip dan pendirian, bukan hanya mengikuti kebiasaan
  • Kritis, Mahasiswa harusnya bisa memberikan ide untuk perbaikan, bukan anarkis dengan membuat kerusakan
  • Optimis, Mahasiswa itu selalu bersemangat mengejar cita-cita, bukan hanya diam menunggu waktu tiba

Jika kita bisa mengaplikasikan sifat-sifat diatas, niscaya kita akan mampu menjadi mahasiswa sukses. Mahasiswa sukses itu apa sih? Yaitu Mahasiswa yang:
·         Berkreasi
·         Berinovasi
·         Berprestasi
·         Berorganisasi
        So, pada akhirnya semua mahasiswa memiliki cita-cita yang sama yaitu menjadi mahasiswa sukses.Sukses akademik, sukses organisasi, sukses finansial, sukses karir, sukses dunia akhirat. Semoga kita semua dapat berbuat banyak pada negeri ini, Indonesia. :D

*diolah dari:
http://www.kampusnews.com/jaringopini-mahasiswa-itu-harusnya-seperti-apa-sih/




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mahasiswa, Kini!
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dpapriansyah.blogspot.com/2013/08/mahasiswa-kini.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

asysya mengatakan...

Wis, mantab mas bro, lanjutkan! :D
Manis juga karyanya.

flash card untuk bayi mengatakan...

sukses terus gan... superrr sekali

Latihan Tryout mengatakan...

sukses terus gan

Sofian ILMCI mengatakan...

jadi mau jadi mahasiswa :3

Posting Komentar