Keluhan dan Saran untuk PT. KCJ

Posted by Unknown Jumat, 31 Januari 2014 13 komentar
Bagikan Artikel Ini :
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selamat pagi PT. KCJ. Sebelumnya perkenalkan saya Dwi Prabowo, mahasiswa Undip Semarang yang saat ini sedang magang di salah satu perusahaan di jakarta. Setiap hari saya selalu menggunakan jasa angkutan commuter line untuk berangkat ataupun pulang kantor. Pilihan commuter line menjadi jasa angkutan sehari-hari juga dipilih ribuan masyarakat lainnya. Setiap hari saya melakukan perjalanan dengan rute Bekasi-Sudirman (PP).

Hal yang ingin saya sampaikan terkait keluhan KRL adalah:
1. Penumpang KRL yang over kuota. Hal ini harus dialami penumpang asal Bekasi setiap harinya. Mereka harus berdesakan untuk bisa masuk ke gerbong dan bertahan dengan posisi yang menyiksa sampai stasiun tujuan. Ini semua demi sampai ke kantor tepat waktu.
2. Jadwal KRL yang tidak menentu. Padatnya penumpang dari Bekasi akan semakin diperparah jika keberangkatan KRL terlambat, walaupun hanya 5 menit dari jadwal seharusnya. Ini disebabkan arus penumpang KRL dari stasiun Bekasi sangat besar sehingga keterlambatan berakibat pada penumpukan penumpang KRL dalam satu waktu.
3. Keamanan dalam kereta. Cerita pencopetan dalam kereta mungkin sudah menjadi kisah klasik yang tak pernah ada habisnya. Ini juga yang saya alami di hari kedua magang saat naik KRL dari stasiun Sudirman. Cerita lengkapnya bisa dibaca disini (mungkin bisa jadi pembelajaran manajemen KCJ untuk metode pengamanan)

Ketiga keluhan tersebut bisa jadi bukan hanya saya yang mengalami. Mungkin puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan penumpang lain juga merasakan demikian. Namun, bukan mahasiswa namanya jika hanya bisa mengeluh tanpa memberi solusi perbaikan. untuk itu, saya menawarkan sedikit solusi yang sekiranya dapat dilaksanakan oleh PT. KCJ. Berikut yang bisa saya berikan:
1. Perlunya pembatasan jumlah penumpang dalam satu gerbong. Mungkin ini terdengar sulit karena beresiko membuat telat beberapa orang. Namun, cara ini bisa menjadi efektif untuk tetap menjaga kenyamanan penumpang dalam gerbong. Petugas stasiun bisa mengatur arus penumpang yang masuk dalam gerbong. Jika sudah sesak, ya jangan dipaksakan dengan mendorong penumpang yang di dalam untuk semakin sesak.
2. Penambahan jadwal KRL di jam 06.00-08.00 dan 17.00-20.00. Solusi kedua ini mungkin menjadi rencana jangka panjang KCJ yang juga terus menambah armada KRL. Seperti tahun ini mendatangkan 20 unit KRL dari Jepang. Penambahan KRL di jam sibuk merupakan cara ampuh mengikuti solusi pertama untuk mengurai kepadatan penumpang.
3. Penambahan stasiun awal keberangkatan. Solusi ke-3 ini merujuk pada kebijakan yang dilakukan di Stasiun Bogor dan Maja. Untuk stasiun Bogor, KRL awal pemberangkatan juga tersedia di Stasiun Depok. Stasiun Maja, KRL awal keberangkatan juga tersedia di Parung Panjang dan Serpong. Kebijakan tersebut sebaiknya juga diberlakukan di Bekasi karena jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun Bekasi juga sudah memenuhi kapasitas maksimal KRL. Penambahan awal keberangkatan bisa dilakukan di Stasiun Kranji ataupun Cakung. Cara ini pun juga bisa mengurai kepadatan penumpang.
4. Penyediaan KRL cadangan di Dipo. Hal yang saya tau di Dipo Bekasi juga tersedia KRL. Namun, langkah sigap tidak dilakukan petugas saat terjadi keterlambatan KRL. Ini terjadi 30 januari jam 06.30. Hari itu KRL seharusnya berangkat 06.30, tapi terjadi keterlambatan KRL masuk sehingga berangkat 06.50. Namun, yang dilakukan petugas saat itu justru menyediakan KRL yang dari Dipo untuk keberangkatan 06.55. Seharusnya KRL yang dari Dipo Bekasi bisa dipergunakan terlebih dahulu untuk keberangkatan 06.30. Ini terkait kecerdasan manajemen masalah dengan sumber daya yang ada.

Mungkin sekian keluhan dan saran yang saya sampaikan. Besar harapan saya pihak KCJ membaca surat ini dan memberi tanggapan. Semoga KRL yang menjadi moda transportasi unggulan masyarakat Jabodetabek saat ini bisa lebih baik lagi.

Surat dikirmkan pada 31/1/2014 07.34 WIB ke commuter.care@krl.co.id


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Keluhan dan Saran untuk PT. KCJ
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dpapriansyah.blogspot.com/2014/01/keluhan-dan-saran-untuk-pt-kcj.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

13 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo misalkan ane boleh ngasih pencerahan





1. dibatasi ? apakah mungkin ? perlu diingat ini commuter, di negara maju seperti jepang pun masih berdesakan seperti ini pada jam sibuk namun orang jepang lebih tenang dalam bersikap di stasiun , tidak "grasak grusuk" seperti orang indo, jadi nikmati saja. anda mau lebih longgar ? monggo silahkan naik yg lebih pagi :)





2. penambahan jumlah krl ? mungkin bisa ketika double double track bekasi jatinegara bisa, tapi jika keadaannya masih double track seperti ini ? sangat riskan, perlu diingat bahwa lintas bekasi sampai jatinegara bukan hanya krl yg melintas , banyak kereta jarak jauh dan frekuensi ka barang yg ditingkatkan menjadi alasan penambahan jadwal ditambah. inget mas di jakarta masih banyak perlintasan jadwal ka sebidang pada jalan utama, skrg saja sudah macet, apa jadinya kalo perlintasan ditutup tiap 2-5 menit sekali ? bisa gak gerak disitu





3. penambahan stasiun ? sebuah dilema terjadi disini. mau menambah jadwal krl ? ingat ini bekasi , pada jalurnya bukan hanya krl yg melintas , lain dengan maja yg frekuensi ka selain krl nya sedikit ataupun bogor yg hanya krl saja yg melintas. krl yg sudah ada dipindah pemberangkatannya di cakung gitu ? krl bekasi yg jumlahnya segitu aja kadang sudah dirasa kurang, gimana harus dioper.





4. mas ini perusahaan besar , semua punya SOP dan gak semudah itu mengatur ini itunya , dan saya rasa pasti pt kcj membuatnya atas pertimbangan dari berbagai sisi , entah faktor keselamatannya atau jam istirahat krlnya, atau jadwal pengecekan di diponya , intinya semua memang sudah diatur seperti itu








kalo saran saya sekarang yg paling memungkinkan adalah penambahan jumlah gerbong, dan memang itu sedang dalam proses, dan pt KCJ juga sudah menyiapkan seribu langkah untuk program 1.2jt pnp/hari





kalo anda baru menikmati commuter line selama beberapa bulan, nikmati saja mas jangan melulu kesal :)

Unknown mengatakan...

waw penjelasan yg logis dari pecinta kereta. Makasih masbro atas pencerahannya yo

flash card can talk mengatakan...

komen paling atas sangat membantu sekali pencerahannya

:D

Unknown mengatakan...

Saya naik krl jurusan bogor,dari jakarta kota ke manggarai isinya tertunda sinyal trus,masak dari jakarta kota mau ke pasar minggu aja sampai 3 jam

Unknown mengatakan...

Saya naik krl jurusan bogor,dari jakarta kota ke manggarai isinya tertunda sinyal trus,masak dari jakarta kota mau ke pasar minggu aja sampai 3 jam

Sofian ILMCI mengatakan...

sekarang KRL lebih teratur :)

Unknown mengatakan...

Dr mampang ke manggarai lebih dari 20 menit, gilaa....ini tgl 27 Nov 16, jm 15.55 wib

Unknown mengatakan...

Tolong di benahi keberangkatan krl dari stasiun Duri manggarai,semakin hari semakin telat kedatangan krl nya.banyak pengguna yang resah setiap harinya.terimakasih

Unknown mengatakan...

Saya benar2 kcewa sama pegawai loket di setasiun sudirman. Tiap saya ikut nuker uang slalu ga boleh. Pdhl nuker uang juga buwat isi ulang saldo. Udah 2 x lo saya ga boleh. Ga kya di setasiun lain. Ramah2. Kpda pt kai mhon dtegur.. kami butuh pelayanan yg baik.

Anonim mengatakan...

Selamat sore...
Mohon maaf untuk bantuan dari satpam yang berjaga di setiap peron untuk melayani pengguna komuterline dengan ramah dan baik, menjawab orang yang tidak tahu jalur mana yang akan di tuju untuk membantu dengan pelayanan dengan baik, terima kasih.

Unknown mengatakan...

Selamat siang......
Commuterline tidak ada perubahan selalu tertahan ga pagi,siang,sore,malem.Tolong perbaiki waktu untuk perjalanan nya jangan sampeaitransportasi memperlambat jam kerja/orang-orang yang ingin berpergian.Trima kasih

Unknown mengatakan...

selamat malam
Di perbaiki lagi untuk knowledge petugas securitynya merka adalah petugas pelayanan harus sepatutnya mengetahui jadwal keberangkatan KRL..

Unknown mengatakan...

Saya benar-benar kecewa dengan sama pegawai loket di stasiun kalideres. Ketika saya minta tuker uang tidak dilayanin, dan dipaksakan untuk menggunakan mesin padahal yang menggunakan mesin sudah penuh dan banyak. Melalui loket bisa dan kosong, tapi tidak dibantu untuk menambahkan saldo.
Karyawannya pun tidak ramah
Thks

Posting Komentar