KKL Ceria :D

Bagikan Artikel Ini :
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum Wr Wb

Setelah sekian lama tidak update karena kesibukan, akhirnya hari ini bisa buat postingan terbaru. Kali ini gue akan share pengalaman KKL. KKL (Kuliah Kerja Lapangan) adalah mata kuliah termahal di Informatika karena belajarnya di luar kelas (Pak Nurdin). Nah, KKL yang berlangsung pada 2-6 september 2013 punya banyak cerita yg membekas buat gue. Langsung aja ya ini ceritanya.

Mata kuliah KKL di Jurusan sebenarnya jatuh pada semester 7 berdasarkan kurikulum 2012, tapi kawan-kawan Elefatic (Sebutan mahasiswa IF Undip tingkatan 2011) memilih untuk memajukan kegiatan ini karena di semester 7 udah sibuk ngurusin kelulusan (Amin). Dibentuklah kepanitiaan KKL pada akhir tahun 2012, dan ternyata saat itu kawan2 Elefatic mempercayakan gue untuk jadi Ketua KKL. Kepercayaan itu gue jawab dengan sebuah permintaan untuk kegiatan KKL dilaksanakan di Jakarta-Bandung. Kenapa begitu? karena gue udah paham wilayah Jakarta serta didukung permintaan dari dosen untuk KKL tahun ini ke barat. Akhirnya diputuskanlah KKL ke Jakarta-Bandung. Namun, kepanitiaan berubah di awal tahun 2013 karena gue mendapat amanah di HMIF, sehingga Oxa naik jabatan jadi Ketua KKL.

Kepanitiaan terbentuk, disusunlah rencana KKL 2013. Setelah melalui proses tender yang cukup panjang dan rame, terpilihlah Biro Kartika Tour menjadi Biro yang mengurus KKL kita. Kebetulan biro ini punya salah satu personil Elefatic. Harapan saat itu panitia bisa menyerahkan semua urusan perizinan dan segala macam persiapan ke biro, namun harapan tinggalah harapan. Panitia juga ikut mengurus sampe ke Jakarta. Ya kalo kata gue anggap saja ini sebagai survey dan ngajak jalan-jalan Oxa, Maghfir ke Jakarta. Segala perizinan selesai diurus dan kita dapat tempat kunjungan ke NTMC Polri, Microsoft Indonesia, Biznet Networks, IDSIRTII.

Keberangkatan dimulai 2 september jam 1 siang. Semua kumpul di GSG untuk upacara pemberangkatan oleh Kajur IF Bapak Nurdin. Upacara selesai, berangkatlah kita dengan total 90 mahasiswa dan 6 dosen (Pak Eko, Pak Priyo, Pak Indra, Pak Panji, Pak Ragil, Pak Helmi). Perjalanan semarang-Jakarta ditempuh dalam waktu 11 jam. Tepat pukul 03.00, kita sampe di hotel tempat transit. Rencana awal kita akan transit di Asrama haji, tapi karena adanya sterilisasi menjelang musim haji akhirnya transit di hotel "hobi-hobi". Karena hotel yang ganti, biro curhat ke gue kalo pengeluaran bertambah dan mengalami kerugian. Yasudahlah gue panitia kok bukan anggota biro yang harus memikirkan itu. Transit sampe jam 7, rombongan berangkat kunjungan yang pertama ke NTMC Polri.

Kunjungan di NTMC Polri mempelajari tentang sistem pengaturan CCTV yang terpasang di seluruh Indonesia. Kunjungan di NTMC menjadi menarik karena adanya polwan yang ikut mengisi acara. Benar saja, acara selesai , polwan langsung diserbu untuk diajak foto bersama. Kunjungan kedua di hari itu adalah ke Microsoft Indonesia. Kunjungan kedua ini menurut gue kurang dapat "IF"-nya karena hanya ada satu pembicara tanpa slide. Namun, manfaat besar gue rasakan di kunjungan ini karena pembicara yang kebetulan masih saudara dari Oxa menceritakan pengalaman dan pengetahuannya tentang Microsoft sehingga bisa memotivasi gue. Buktinya? buktinya adalah gue udah move on dari windows xp ke windows 7 :D

Kunjungan selesai, kita ke hotel untuk istirahat. Hotel yang dipilih yaitu Puri Jaya. Rencana awal kita mau mengadakan acara angkatan di hotel tersebut, tapi karena alasan dari Biro yang mengatakan bahwa penyewaan aula terlalu mahal akhirnya batal megadakan acara angkatan di hotel tsb. Melewatkan malam di Jakarta tanpa kegiatan rasanya percuma, munculah ide untuk jalan-jalan malam Jakarta. Gue sebagai tour guide dari 15 orang warga luar Jakarta mengajak mereka ke Kota Tua untuk sekedar tau kehidupan malam Jakarta. Pengalaman baru dirasakan oleh teman-teman, mulai dari naik Commuter Line, Melihat Jakarta di malam hari yang tetap ramai, sampai naik bajaj. Malam itu seakan gue bisa memuaskan 15 orang yang belum tau Jakarta sebelumnya.

Hari kedua di Jakarta dilanjutkan kunjungan ke IDSIRTII dan Biznet. Untuk kali ini, rombongan dibagi 2 yaitu 1 bis ke IDSIRTII dan 2 bis ke Biznet. Gue termasuk rombongan ke Biznet, jadi gue cuma bisa cerita bagaimana di Biznet. Biznet Techno Village merupakan kawasan terpadu di sudut kota Jakarta yang dibangun dengan suasana asri nan nyaman (*berasa jadi marketing kayak Fenny Rose). Ya intinya disana kita diajak keliling kawasan yang dibangun dengan konsep Green Building yang menjadi tempat penyewaan data center. Rombongan diajak masuk ke dapur pengelolaan data center yang cukup rumit dan didukung teknologi terbaru serta canggih. Kunjungan di Biznet juga menjadi spesial karena kita dijamu layaknya tamu kehormatan. Biznet menyediakan minuman yang beraneka macam dan bebas ambil sepuasnya, serta menyajikan makan siang untuk rombongan. Semua itu gratis, alhamdulillah gue yang ngurus perizinannya merasa bahagia melihat rona wajah kawan-kawan yang bisa makan gratis (*kebahagiaan anak kos).

Kunjungan terakhir di Jakarta selesai, rombongan langsung berangkat ke Bandung. Nah, disinilah keheranan gue sama Biro karena perjalanan ke Bandung melewati hutan antah berantah bukan lewat tol cipularang. Hasilnya perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh 2-3 jam menjadi 5 jam. Alasannya karena jalan hutan tersebut sejalan dengan rumah makan untuk makan malam. Sampai di hotel Bumi Asih Jaya jam 9 malam. Rencana untuk acara angkatan gagal lagi karena sudah malam dan terlihat kawan-kawan udah capek. Malam itu tidak ada acara apa-apa karena hanya untuk istirahat setelah berkelana selama 5 jam di hutan antah berantah.

5 September 2013 menjadi agenda terakhir KKL kita. Hari tersebut digunakan untuk L (Liburan) setelah menjalani KK (Kuliah Kerja). Pagi hari di hotel kita laksanakan acara yang tertunda 2 kali yaitu Acara Angkatan. Acara senang-senang ini intinya pembacaan angket dan tukar kado seluruh personil Elefatic. Gue terpilih sebagai "Kawanku Tereksis", mungkin karena gue selalu muncul di tiap bis untuk ngecek personil (kata Ghery). Tepat jam 9 pagi setelah acara angkatan, kita check out dari hotel untuk ke Trans Studio Bandung. Pertama kalinya gue ke Trans Studio, dan ternyata diluar ekspektasi gue. Trans Studio gak seluas Dufan dan wahananya gak sebanyak Dufan, tapi Trans Studio punya wahana yang gak dimiliki Dufan yaitu rumah hantu, Laboratorium Sains. Wisata di Trans Studio berakhir sampai jam 3 sore. Setelah itu kita berngkat untuk belanja oleh-oleh di Cihampelas sampai jam 6 sore. Belanja selesai, waktunya untuk pulang. Gue sama Catur gak ikut rombongan karena gue balik ke Bekasi dan Catur ke rumah abangnya di Banten.

KKl selesai, maka selesasi tanggung jawab gue sebagai Korlap. Jadi korlap itu gak mudah, ngurus 89 ABG yang suka eksplorasi sendiri dan kadang lupa waktu atau lingkungan. Berapa kali aja gue kesel sendiri, contohnya di Microsoft. Tempat kerja yang kecil diserbu 96 orang, alhasil pegawai keliatan bad mood karena merasa teritorialnya sedang diajajah para ABG. Itu hanya sedikit cerita duka sebagai panitia dibalik banyaknya cerita suka yang gue alami. Overall, KKL 2013 berjalan seru, asik, dan berkesan. Terima kasih kawan-kawan Elefatic yang CUN, Biro Kartika Tour yang mau merugi untuk mengurus KKL kita, Perusahaan dan Institusi yang mau dijajah tempatnya, serta semua pihak yang terlibat didalamnya. Semoga dengan KKL ini, kekeluargaan dan keakraban Elefatic semakin erat lagi.

KKL CERIA

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KKL Ceria :D
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dpapriansyah.blogspot.com/2013/09/kkl-ceria-d.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.